Matematika

 PROGRAM TAHUAN KURIKULUM MERDEKA

KELAS : IV
MAPEL : MTK
NO NO. ATP ATP JML SMT
1 4,1 Memahami   tentang bagaimana bilangan cacah dinyatakan dalam notasi desimal. Satuan 100   juta dan triliun, dan merangkum sistem notasi desimal. Menyatakan bilangan   besar, pemisah dapat digunakan setiap tiga digit. Membaca dan menulis angka   hingga 100 juta. Menjumlahkan, mengurangi, mengalikan, dan membagi bilangan   besar dan memahami arti dari istilah "jumlah", "selisih",   "hasil kali", dan "hasil bagi". 5 1
2 4,2 Mengembangkan   pemahaman tentang pembagian bilangan bulat dan mengembangkan kemampuan untuk   menggunakannya dengan tepat. Mencari tahu sifat pembentukan dari operasi   pembagian, Memahami cara menghitung puluhan dan ratusan yang dibagi dengan   bilangan nilai tempat satuan. Menghitung 48/3 dengan menggunakan gambar dan   pembagian yang telah dipelajari. Menghitung 56:4 dan meringkasnya dalam   sebuah laporan. 4 1
3 4,3 Memahami   pengertian dari satuan dan pengukuran suatu sudut sehingga siswa dapat   mengukur besar suatu sudut. Memahami ukuran sudut sebagai ukuran rotasi.   Mengetahui tentang satuan ukuran sudut (derajat
     (°)). Memahami arti pengukuran besar sudut dan satuan ukuran sudut,   “derajat (°)”. Mengukur sudut menggunakan busur derajat dan menggambarnya.   Mengetahui ukuran sudut penggaris segitiga dan menggunakannya untuk membuat   sudut dengan berbagai ukuran.
3 1
4 4,4 Menghitung   bersusun pada operasi perhitungan. Mengonfirmasi jawaban dari operasi hitung   pembagian. Memahami arti hasil bagi bilangan nilai tempat kedua dan cara   menghitung dengan pembagian bersusun pada operasi hitung pembagian. Memahami   cara menghitung pembagian bersusun dengan hasil 0 di tengah jawaban. Memahami   cara mengecek metode pembagian yang memiliki sisa. membuat keputusan   aritmatika mengenai adegan perkalian dan pembagian. 4 1
5 4,5 Mengamati   dan menyusun bangun datar, kita akan fokus pada komponen bangun datar dan   hubungan posisinya untuk memperdalam pemahaman anak terhadap bangun datar.   Memahami hubungan antara garis sejajar dan tegak lurus. Memahami cara   menggambar garis tegak lurus. Memahami arti kesejajaran/paralelisme. Memahami   sifat garis sejajar. Memahami cara membuat garis sejajar. Fokus pada diagonal   untuk memperdalam pemahaman tentang sifat-sifat segiempat. Memahami sifat   segi empat melalui teknik teselasi segiempat. 4 1
6 4,6 Menghitung   jika pembagi adalah angka 2 digit dan pembagi adalah angka 2 digit atau angka   3 digit, dan memahami bahwa perhitungan tersebut dapat dilakukan berdasarkan   perhitungan dasar. Selain itu, memahami bagaimana melakukan pembagian   panjang. dengan bentuk berikut (2-3 angka) : (2 angka) = (1 angka).   Memikirkan cara penghitungan bersusun untuk (bilangan 3 angka) hasil bagi tidak mengubah apakah pembagi   dan pembagi dikalikan dengan bilangan yang sama atau pembagi dan yang dibagi   dengan bilangan yang sama. Memahami hubungan antara perkalian, pengali, dan   hasil perkalian. 4 1
7 4,7 Mampu   merepresentasikan dan menguji hubungan antara dua besaran yang berubah.   Kumpulkan bahan sesuai dengan tujuannya, klasifikasikan dan atur agar dapat   diekspresikan dengan cara yang mudah dipahami dengan menggunakan tabel dan   grafik, dan karakteristiknya dapat dicari. Memahami cara menggambar diagram   garis dan
     meningkatkan kemampuan membaca karakteristik dan tren perubahan dari   diagram lengkap. Pada saat yang sama dengan mengetahui kelebihan dan   kekurangan diagram garis, Anda dapat menggambar diagram garis dengan skala   yang dibuat.
4 1
8 4,8 Mengetahui   tentang pembulatan angka. Memperkirakan hasil dari empat operasi aritmatika   sesuai dengan tujuan. Selain metode pembulatan ada metode "pembulatan ke   bawah" dan "pembulatan ke atas". Menghitung penjumlahan,   pengurangan, perkalian, dan pembagian. 4 1
9 4,9 Menggunakan   operasi hitung bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah. Menggunakan tanda   kurung ( ) dalam menerapkan empat operasi dasar campuran aritmatika pada   bilangan bulat. Menggunakan sifat-sifat substitusi, asosiasi, dan distribusi   pada empat operasi dasar campuran aritmatika pada bilangan bulat. Menghitung   operasi aritmatika pada bilangan asli. Menerapkan operasi hitung aritmatika   pada bilangan asli multi-digit. 5 2
10 4.10 Memahami   arti satuan dan ukuran luas, serta mampu menghitung luas. Pelajari tentang   satuan luas (sentimeter persegi (cm2), meter persegi (m2), dan kilometer   persegi (km2)). Mencari panjang sisi dari suatu persegi yang diketahui   luasnya, atau mencari ukuran panjang/lebar dari suatu persegi panjang yang   diketahui luas dan satu ukuran panjang/lebarnya. dan dapat menggunakan satuan   tersebut untuk mencari luas. Mampu memilih satuan luas yang akan digunakan   sesuai kebutuhan. Memahami keterkaitan antara satuan luas m2, a, ha, dan   km2. 4 2
11 4,11 Memperdalam   pemahaman tentang bilangan desimal dan operasi hitung yang melibatkan   bilangan desimal. Mencermati bahwa bilangan desimal diwakili oleh sistem yang   sama seperti bilangan bulat, Memahami hubungan antar nilai tempat pada   bilangan desimal. Memahmi 1/10 sebagai persepuluhan pada bilangan desimal.   Memahami arti, cara menulis, dam cara menghitung penjumlahan dan pengurangan   pada bilangan desimal. 3 2
12 4,12 Meringkas   elemen bilangan desimal. Meringkas konversi unit menggunakan desimal.   Meringkas besar kecilnya bilangan desimal. Menyimpulkan penyesuaian bilangan   desimal. Menghitung 1,2 × 3 dan 5,4 ÷ 3 dengan menggunakan diagram dan   persamaan berdasarkan pengetahuan sebelumnya. 4 2
13 4,13 Mengumpulkan   dan menyusun bahan sesuai dengan tujuan sehingga dapat diekspresikan dengan   cara yang mudah dipahami menggunakan tabel dan diagram, dan karakteristiknya   dapat diselidiki. Mengklasifikasi bahan dari dua perspektif dan memeriksa   Menyusun bahan penelitian/survei dari dua perspektif dengan cara yang mudah   dipahami dan merepresentasikannya dalam sebuah tabel. Membaca tujuan dan   perspektif klasifikasi dari tabel dua dimensi dan memahami karakteristik   bahan. 4 2
14 4,14 Menggunakan   operasi perkalian dan pembagian pada bilangan desimal. Menggunakan operasi   perkalian dan pembagian pada bilangan desimal. Menghitung perkalian dan   pembagian bilangan desimal dan bilangan asli. Memahami cara menghitung   (desimal) / (bilangan bulat) dan untuk memahami cara menulis angka. Cara   menghitung, dan cara memeriksa jawaban untuk kasus dengan sisa. Pahami arti   dan metode pembulatan hasil bagi untuk mendapatkan angka perkiraan. Mampu   memecahkan masalah dengan merepresentasikan hubungan kuantitatif pada gambar   dan memikirkan persamaan yang akan dibuat. 3 2
15 4,15 Memperdalam   pemahaman pecahan, memahami arti penjumlahan dan pengurangan pecahan dalam   penyebut yang sama, dan mampu menggunakannya. Untuk kasus sederhana,   perhatikan bahwa ada pecahan yang besarnya sama. Pahami hubungan antara   besaran pecahan satuan dengan menggunakan garis bilangan sebagai   pedoman/petunjuk. Mencari pecahan yang berukuran sama menggunakan garis   bilangan. Pahami situasi di mana penjumlahan dan pengurangan pecahan   diterapkan. Pahami cara menambah dan mengurangi pecahan dari
     penyebut yang sama.
3 2
16 4,16 Memahami   bangun ruang (tiga dimensi) melalui kegiatan seperti observasi dan komposisi   gambar. Mengamati bangun ruang kubus dan balok. Memahami hubungan paralel dan   vertikal garis lurus dan bidang dalam hubungannya dengan balok. Menggambar   jari-jari kubus dan balok. Mengenali sisi-sisi yang tegak lurus dan sejajar   pada kubus dan balok. Menggunakan gambar atau sketsa untuk mengenali   komponen-komponen kubus dan balok. Pahami bahwa posisi suatu benda di sebuah   ruang dapat diwakili oleh tiga pasang bilangan. 3 2
17 4,17 Menyelidiki   hubungan antar dua besaran yang berubah seiring waktu dan mampu menuliskan   perubahannya. Menggunakan grafik untuk menunjukkan perubahan dan membaca   karakteristik perubahan. Menggunakan kalimat matematika untuk menyatakan   hubungan antar kuantitas. hubungan antar dua kuantitas dalam bentuk tabel dan   grafik. Hubungan antara dua kuantitas yang berubah seiring waktu diwakili   oleh persamaan menggunakan dan ○, dan dapat \diketahui dengan menggunakan   bilangan pada dan ○. 3 2
JUMLAH 64



Berikut daftar materi Matematika  kelas 4 kurikulum merdeka  semester 1 dan semester 2 



BAB Judul   Materi Semester 1 Rangkuman Soal
Bab   1 Bilangan   Cacah Besar Klik Baca Soal 1
Soal 2


Bab   2 Pembagian Klik Baca Soal 1
Soal 2
Bab   3 Berfikir   tentang cara berhitung Klik Baca Soal 1
Soal 2
Bab   4 pembagian dengan satu   angka Klik Baca Soal 1
Soal 2
Bab   5 Sudut Klik Baca Soal 1
Soal 2
Bab   6 segi   empat Klik Baca Soal 1
Soal 2
Bab 7 Pembagian dua angka Klik Baca Soal 1
Soal 2
Bab 8 Diagram garis Klik Baca Soal 1
Soal 2
Bab 9 Membulatkan angka Klik Baca Soal 1
Soal 2
Bab 10 Sempoa Klik Baca Soal 1
Soal 2

Comments


EmoticonEmoticon